BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 01 Juni 2011

YANGQIN, ALAT MUSIK TRADISIONAL TIONGKOK

Yangqin adalah nama alat musik memiliki banyak senar, cara memainkannya dengan memukul dengan stik bambu sebagai pemukulnya yang berasal dari Cina. Mulanya bernama Yangqin karena di adaptasi dari Persia, sekarang Iran (huruf 'Yang' disini berarti asing). Sesuai perkembangannya huruf Yang berubah menjadi 'Yang' yang berarti diakui. Yangqin masuk ke Tiongkok pada masa Dinasti Ming lewat kota pesisir seperti Guangdong. Yangqin disebut juga Hudie Qin (Kupu-kupu) dan masih dimainkan sekarang di Shanghai dan grup musik Kanton. Yangqin dapat dimainkan secara solo atau bagian dari grup musik.

Pada perkembangannya sekarang, sering digunakan adalah tipe 401 dengan 4 lajur kepala senar dan terdiri dari 144 senar.

Pada pementasannya, Yangqin ditaruh di atas sebuah susunan seperti meja dengan 3 sisi yang menyangganya. Kemudian pemain akan memukul senar menggunakan pemukul dengan gerakan yang lebih lembut namun mirip seperti pemukul drum yang terbuat dari bambu. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Mina Lim, Balikpapan

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA