BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 10 Maret 2011

ETNIS GELAO DI CHINA

Kebanyakan orang etnis Gelao tinggal di bagian barat Provinsi Guizhou. Ada sebagian kecil yang tinggal di Daerah Otonom Zhuang Guangxi.

Baju wanita etnis Gelao panjangnya sampai ke pinggang saja dan ada sulaman seperti sisik ikan di lengannya. Bagian tengah skirtnya pula dibuat dari bulu kambing dan dipoles warna merah. Bagian atas dan bawah skirt ini dibuat dengan kain rami yang berwarna biru dan putih.

Wanita etnis Gelao memakai jubah panjang yang lengan di luar baju pendek dan rok ini. Bagian depan jubah ini lebih pendek dari bagian belakangnya. Ia juga dihias dengan bunga sulaman. Baju pria etnis Gelao pula biasanya berbelah dan berbutang di depannya.

Pria dan wanita etnis ini memakai "sorban" dengan menggunakan kain yang panjang.

Diterjemahkan oleh: Chen Mei Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA