BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 10 Maret 2011

ALAT MUSIK LEYOU

Leyou, yang juga dikenal sebagai Lelang ini, adalah sejenis alat musik tiupan yang sangat populer dalam masyarakat etnis Buyi dan etnis Miao yang tinggal di provinsi Guizhou di Tiongkok barat daya.

Alat musik yang terbuat dari kayu ini, panjangnya sekitar 40-50 cm. Pada bagian tubuhnya ditebuk lima hingga enam buah lubang suara. Bunyi yang dihasilkannya jelas dan lembut, sangat merdu didengar.

Cara bermain alat musik ini hampir sama dengan Sona, sejenis alat musik tiupan klasik dalam masyarakat bangsa Han yang berasal dari area Persia dan Arab di zaman silam.

Alat musik ini sering dimainkan untuk mengungkapkan rasa cinta pada kekasih.

Diterjemahkan oleh: Chen Mei Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA