BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 16 Januari 2011

FUXI DAN NUWA 伏羲和女娲

Fuxi dan Nvwa adalah nenek moyang manusia di Cina legenda mitos kuno.

Cerita mengatakan bahwa Fuxi tidak hanya pemimpin klan di timur dan kepala yang bijak dari tiga raja dan lima kaisar berbudi luhur dari China pada awal peradaban manusia, tetapi juga orang bijak mahakuasa mampu berbagai jenis keterampilan.

Dia menciptakan Delapan Diagram dan disimulasikan laba-laba menenun jaring ikan. Dia tidak hanya mampu membuat alat musik, tetapi juga pandai memasak makanan yang lezat. Selain itu, ia memberikan kontribusi banyak kepada pengobatan Cina tradisional dan merupakan nenek moyang peradaban Cina. Ia juga merumuskan etika dan peraturan bagi orang-orang, mengurangi pernikahan barbar dengan merampok.

Nvwa adalah pemimpin wanita yang terkenal selama periode yang legendaris dahulu kala di Cina, dilengkapi dengan kemampuan yang kuat. Dikatakan bahwa bencana yang besar sekali terjadi di alam dan kemudian langit runtuh, bumi cekung, dan binatang-binatang buas kejam membunuh orang biasa. Nvwa diperbaiki langit dengan batu berwarna dan membunuh binatang brutal.

Dia juga digunakan tanah liat untuk menciptakan manusia dan masyarakat manusia dengan mensimulasikan penampilannya sendiri. Hal ini juga mengatakan bahwa Nvwa menemukan sejenis alat musik yang disebut buluh pipa alat musik tiup sehingga ia dihargai sebagai dewi musik. Selain itu, dia menciptakan sistem perkawinan untuk memungkinkan manusia untuk memperbanyak keturunan, jadi dia disebut dewi pernikahan.

Ada banyak legenda Fuxi dan Nvwa, yang dicatat dalam banyak buku-buku kuno Cina seperti Kitab Perubahan, Elegies Chu, catatan Pangeran Huainan dan Kitab Gunung dan Laut. Mitos ini semuanya telah diturunkan dan dampaknya sangat luas dan mendalam. Sampai saat ini, orang-orang Miao dan Dong di China Propinsi Yunnan masih menyembah Nvwa sebagai primogenitor mereka sendiri. [Yinnihuaren/Ing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA