BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 01 Februari 2013

TRADISI KEPERCAYAAN HEWAN-HEWAN PEMBERI ISYARAT

Hewan bergerak dengan naluri, dan gerak-gerik hewan dengan naluri terkadang dipercaya sebagai sinyal bahaya untuk manusia. Contohnya seperti, saat gunung hendak meletus, biasanya hewan-hewan akan turun gunung

Namun, manusia kerap menerjemahkan tanda-tanda yang diberikan binatang sesuai penalarannya. Ini dia beberapa mitos atau kepercayaan manusia yang diserap dari tingkah laku hewan.

1. Anjing melonglong

Banyak yang percaya, bila anjing peliharaan melolong sepanjang malam, manusia akan mendengar kabar yang kurang baik, dimana salah satu keluarga ada yang sakit atau tertimpa musibah.

2. Burung Gagak

Mitos kematian amat melekat pada binatang yang satu ini. Ya, burung gagak dinilai sebagai 'pembawa' kematian. Sebab, tak sedikit manusia percaya bila ada burung gagak hinggap di genteng rumah dan berulang kali memekikkan suaranya, maka akan ada yang meninggal dunia dalam waktu dekat diantara anggota keluarga pemilik rumah tersebut.

3. Menabrak Kucing

Kucing yang dipercaya sebagai binatang kesayangan baginda Nabi Muhammad SAW, selalu mendapat keistimewaan. Bila menabrak kucing hingga mati, sengaja atau tidak, sang pengendara akan mendapat bala atau musibah saat berlalu-lintas. Namun, bila kucing tersebut dikubur, keselamatan sang pengendara dipercaya bakal selamat.

4. Ayam Jantan berkokok

Aneh rasanya bila ada Ayam Jantan yang rabun di malam hari berkokok terus menerus. Menurut mitos, bila ada ayam jantan berkokok terus menerus di tengah malam, maka akan ada wanita hamil sebelum menikah.

5. Katak masuk rumah

Ada tamu tak diundang yang masuk ke dalam rumah memang menyebalkan. Inilah mitos yang terjadi saat ada katak masuk ke dalam rumah. Sebab, diyakini si pemilik rumah akan kesulitan uang dalam waktu dekat.

6. Kupu-Kupu masuk ke rumah

Kalau katak diyakini menyedot uang, berbeda dengan binatang cantik satu ini. Banyak yang percaya, bila ada kupu-kupu masuk ke dalam rumah, berarti sang pemilik rumah akan kedatangan tamu dan mendapatkan uang yang tak terduga dalam waktu dekat.

7. Menghitung bunyi Tokek

Tak masuk akal rasanya bila bertanya tentang nasib pada seekor binatang. Namun, tokek sering menjadi rujukan pertanyaan dalam menebak nasib baik atau buruk. Bila menghitung bunyi tokek, tebakan terakhir diyakini sebagai nasib yang didapat dalam waktu dekat.

8. Kejatuhan Cicak

Bila saat sedang duduk dan tiba-tiba ada seekor cicak yang jatuh ke badan, diyakini akan ada anggota keluarga atau kenalan yang meninggal. Jatuhnya cicak dipercaya sebagai pemberi kabar dari duka tersebut. 

Apakah anda percaya hewan pemberi isyarat dalam artikel ini? Silahkan bagikan artikel ini ke dalam facebook anda dan baca komentar teman-teman anda. [Santy Phang / Jakarta]

Teks Iklan !

Pasang iklan baris usaha anda dibagian bawah artikel ini, dengan cara kontak email Tionghoanews

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA