BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 18 Oktober 2012

FESTIVAL VEGETARIAN SEMBILAN DEWA KAISAR

Dewa Kaisar Sembilan (disebut "Jiu Ye sebenarnya mengacu pada" Jiu Huang Da Di, Sembilan Kaisar Besar "Asal-usul festival dari etnis Hokkien, Kiu Ong Yah (atau Jiu Huang Ye) yang mengacu pada Festival Sembilan dewa Kaisar.

Kelahiran Kaisar Sembilan kebetulan pada tanggal 9 September di penanggalan Imlek China dan hari itu sering dirayakan sebagai festival Jiu Huang (九 皇), Kaisar Sembilan "oleh Tao di Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Kesembilan kaisar dewa terdiri dari :

(1). Tan Lang Tai Xing Jun (贪狼 太 星君) 1 Star (Visible) Bayer: α uma
(2). Ju Men Yuan Xing Jun (巨 门 元 星君) 2 bintang (Visible) Bayer: β Uma
(3). Lu Cun Zhen Xing Jun (禄 存 贞 星君) 3 bintang (Visible) Bayer: γ Uma
(4). Wen Qu Xing Niu Jun (文曲 纽 星君) 4 bintang (Visible) Bayer: δ Uma
(5). Lian Zhen Gang Xing Jun (玉 廉 贞 纲 星君) Bintang 5 (Visible) Bayer: ε UMA
(6). Wu Qu Ji Xing Jun (武曲 纪星君) 6 Star (Visible) Bayer: ζ UMA
(7). Po Juni Guan Xing Jun (破 军 关 星君) 7th Star (Visible) Bayer: η uma
(8). Zuo Fu Da Dao Xing Jun (左 辅 大道 星君) 8 bintang (Invisible)
(9). Anda Bi Da Dao Xing Jun (右 ?弼 大道 星君) 9 Bintang (Invisible)

Ini adalah karnaval dan upacara untuk merayakan ulang tahun kesembilan Dewa Surgawi. Dalam cerita rakyat Tao, Sembilan Dewa Kaisar sangat sering dikenal sebagai "Bei Dou Xing Jiu Beidou Jiuxing (9 Bintang Utara Plough Dewa), karena mereka adalah para Dewa dari bintang-bintang atau planet.

Ibu mereka," Dou Mu Yuan Jun ember ibu Yuanjun "(Ibu Bintang Utara) yang memegang Panitera Kehidupan dan Kematian. Yang bisa diyakini untuk memperpanjang hidup seseorang, menghilangkan bencana, dan membebaskan dosa-dosa masa lalu dan utang dari diri sendiri dan keluarganya.

Pada malam bulan kesembilan, kuil para Dewa akan mengadakan upacara untuk memohon dan menyambut sembilan kaisar. Sejak kedatangan para Dewa yang diyakini melalui saluran air, prosesi diadakan dari kuil ke pantai laut atau sungai untuk melambangkan keyakinan ini. Devotees mengenakan dupa tradisional putih, tercatat dan lilin, menunggu kedatangan Yang Mulia mereka.
 
Sebuah suasana karnaval-seperti meliputi seluruh bait festival sembilan hari. Selama periode waktu ini, konstanta gemerincing lonceng doa dan nyanyian dari para imam kuil didengar. Kebanyakan umat tinggal di kuil, makan makanan vegetarian dan membaca terus melantunkan doa. Hal ini diyakini bahwa akan ada hujan sepanjang sembilan hari perayaan. Hari kesembilan dari festival ini adalah puncaknya.

Festival ini secara eksklusif dirayakan oleh orang Hokkien dan Kanton di Thailand (Phuket), Malaysia (Penang) dan Singapura juga di Indonesia. Dalam bahasa Thailand, perayaan ini disebut dengan Tesagan Gin Je. Selama perayaan ini dilakukan, mereka yang merayakannya tidak boleh mengkonsumsi daging dan makanan yang terbuat dari daging atau berasal dari binatang selama sembilan hari pertama pada bulan ke sembilan dalam penanggalan China.

Para penduduk Phuket percaya bahwa dengan melakukan ritual tersebut mereka akan mendapatkan kesehatan dan ketentraman batin. Perayaan ini diperkirakan dimulai sekitar 150 tahun yang lalu. Walaupun asal dari perayaan ini tidak diketahui dengan pasti, namun sebagian besar orang menganggap bahwa kemungkinan besar perayaan ini dibawa ke Phuket oleh kelompok opera keliling dari China yang tiba-tiba menderita sakit malaria ketika mereka sedang melakukan pertunjukan.

Selama berhari-hari mereka menderita sakit yang tak tertahankan dan bahkan banyak dari antara mereka meninggal dunia. Mereka bertanya-tanya apa sebab dari keadaan yang sedemikian parah, sampai akhirnya mereka menyadari bahwa mereka telah lupa untuk memberi penghormatan kepada Sembilan Raja Dewa (Kiu Ong Iah) pada sembilan hari pertama dalam bulan. Itulah yang menyebabkan para dewa murka dan mengutuk mereka. Kemudian salah satu pemain dikirim ke China untuk memanggil Kiu Ong Iah ke Phuket.

Mereka sepakat untuk tidak makan daging dan segala jenis makanan yang berasal dari hewan dan berdoa kepada Sembilan Raja Dewa yang akan menjamin kesucian tubuh dan jiwa. Ketika mereka beranjak sembuh, mereka merayakannya dengan menyelenggarakan perayaan yang dimaksudkan untuk menghormati para Dewa, sekaligus mengungkapkan rasa syukur mereka karena mereka dapat bertahan hidup dari sebuah penyakit yang mematikan. Sejak saat itu perayaan ini diselenggarakan setiap tahunnya pada sembilan hari pertama bulan ke sembilan dalam penaggalan China.
 
Mereka memutuskan untuk mematuhi diet vegetarian ketat dan berdoa kepada Sembilan Dewa Kaisar untuk memastikan pemurnian pikiran dan tubuh. Orang-orang merayakan dengan mengadakan festival yang dimaksudkan untuk menghormati para Dewa serta mengekspresikan kebahagiaan rakyat karena bisa bertahan hidup pada abad ke-19 ketika penyakit yang fatal menyerang. Selanjutnya festival ini telah tumbuh dan berkembang menjadi acara tahunan yang spektakuler yang dihadiri oleh ribuan peserta dari China dan Asia lainnya.

* Komitmen yang harus dipegang
 
Festival ini selalu jatuh pada hari pertama bulan ke Sembilan dalam penanggalan China, dan selama sembilan hari para peserta mentaati komitmen-komitmen berikut :

- Kebersihan tubuh selama perayaan
- Membersihkan peralatan dapur dan tidak dipergunakan oleh orang lain yang tidak ambil bagian dalam perayaan ini.
- Mengenakan pakaian putih selama perayaan
- Berperilaku baik jiwa dan raganya
- Menghindari makan daging
- Menghindari hubungan sex
- Menghindari mengkonsumsi alkohol
- Tidak berdusta
- Tidak membunuh (aturan kuno)

Namun demikian, ada perkecualian dalam perayaan ini. Ada beberapa orang yang tidak diperkenankan mengikuti perayaan ini. Mereka adalah :

- Orang yang sedang berduka cita.
- Perempuan hamil atau yang sedang menstruasi.

Nah! Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman. [Ernawati H / Medan] Sumber: Kebajikan

PESAN KHUSUS

Silahkan kirim berita/artikel anda ke ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA