BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 26 September 2012

MEMBERIKAN SENTUHAN AKHIR PADA LUKISAN NAGA

"Sentuhan terakhir ditambahkan pada lukisan naga" adalah ungkapan Tiongkok yang bermakna "untuk sampai ke titik". Ini juga dapat digunakan untuk menekankan hal yang penting. Ungkapan ini berasal dari kisah berikut.

Selama Dinasti Selatan (420-589), Jenderal Zhang Sengyou dikenal akan keahlian melukis. Lukisannya dicatat dalam buku Lukisan Terkenal, Volume 7 dari Dinasti Tang.

Suatu ketika, Zhang Sengyou diundang oleh para biarawan dari Kuil Anle untuk melukis naga pada dinding. Zhang melukis empat naga pada dinding kuil, namun dia tidak menyelesaikan gambar mata dari naga-naga tersebut.

Seorang bhiksu menanyakan alasannya. Zhang mengatakan bahwa jika ia melukis matanya, maka naga-naga ini akan menjadi hidup dan terbang jauh. Bhiksu itu tidak percaya dengan perkataan Zhang, dan meminta dia menyelesaikan pekerjaan.

Akhirnya Zhang Sengyou memenuhi permintaan melukis mata pada naga pertama. Segera setelah dua titik ditambahkan, tiba-tiba petir berkelebat dan guntur menggelegar. Sang naga menjadi hidup dan segera terbang menghilang. Tiga lukisan naga lainnya yang tanpa mata, masih tetap ada.

Inilah kisahnya bagaimana perkataan, "sentuhan terakhir ditambahkan pada gambar naga", untuk mewakili betapa pentingnya sentuhan terakhir dalam sebuah karya atau bisnis penting lainnya. [Olivia Li / Bandung]

PESAN KHUSUS

Silahkan kirim berita/artikel anda ke ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA