BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 05 Agustus 2012

PERINGATAN DEWI KWAN IM PHO SAT MENCAPAI PENERANGAN SEMPURNA

Dewi Kwan Im Pho Sat dalam bahasa sansekerta disebut juga Avalokitesvara Bodhisattva yang telah dikenal secara luas sebagai Dewi Welas Asih, yang dipuja tidak hanya terbatas dikalangan Budddhis saja, tetapi dikalangan Tao dan semua lapisan masyarakat awam.

Dewi Kwan Im Pho Sat sangat populer tidak hanya di Tiongkok saja tetapi juga di Jepang (yang disebut Kanon) dan Asia Tenggara.

Setiap tahun pada penanggalan Imlek tanggal 19 bulan 6 tanggal atau Lak Gwee Cap Kau, yang tahun ini jatuh pada tanggal 6 Agustus 2012 merupakan hari ulang tahun Peringatan Dewi Kwan Im Pho Sat Mencapai Penerangan Sempurna ( 得道 / 成道 ).

Guan Shi Yin adalah terjemahan harfiah dari perkataan sansekerta, "Avalokitesvara" yang mempunyai arti sebagai berikut :

Guan …......Melihat atau merenungi.

Shi …………..Dunia, alamnya orang yang menderita.

Yin …………..Segala suara dari dunia, jeritan atau ratapan dari mahluk hidup,lahir maupun batin, yang kesemuanya ini menyentuh lubuk hati sang Dewi Welas Asih.

Menurut cerita, Dewi Kwan Im adalah titisan Dewa Che Hang yang ber-reinkarnasi ke bumi untuk menolong manusia keluar dari penderitaan, karena beliau melihat begitu kacaunya keadaan manusia saat itu dan penderitaan di mana-mana. Dewa Che Hang memilih wujud sebagai wanita, agar lebih leluasa untuk menolong kaum wanita yang membutuhkan pertolonganNya. Disamping itu agar lebih bisa meresapi penderitaan manusia bila dalam bentuk wanita karena di jaman itu wanita yang lebih banyak menderita dan kurang leluasa dalam membuat keputusan.

Oleh sebab itu maka Kwan Im Pho Sat adalah seorang Bodhisattva yang melambangkan hati yang welas asih dan penyayang, yang tertanam dalam – dalam dihati tiap pemujanya. Mereka percaya bahwa Kwan Im dapat mendengarkan keluh – kesah mereka yang menderita dan datang menolong, dalam wujud yang berbeda – beda, baik pria maupun wanita.

Oleh karena Dewi Kwan Im mau mendengarkan ratapan dari dunia, sehingga Beliau rela turun ke dunia untuk memberikan pertolongan. Ia memperoleh sebutan Buddha yang mengusir rasa takut. Kalau di tengah kobaran api, nama Kwan Im disebut, api tak akan dapat membakar. Di tengah hempasan ombak yang setinggi gunung, apabila namanya disebut akan sampailah pada air yang dangkal.

Perahu yang tengah dihantam gelombang, apabila seorang awaknya menyebut nama yang maha penyayang, akan selamat sampai tujuan. Di tengah – tengah gemerincingannya tombak dan pedang di medan perang, apabila menyebut namanya akan luputlah ia dari maut.

Kalau dalam dirimu ada iblis yang merasuki, sebutlah nama Kwan Im dan anda akan memperoleh ketenangan dan kesucian batin. Nafsu amarah dan kebencian akan sirna kalau namanya diucapkan. Seorang yang menderita penyakit ingatan akan pulih kembali sehat kalau berdo'a kepada Kwan Im.

Kwan Im yang maha pengasih dan penyayang akan memberikan seorang putra bagi para ibu yang mendambakannya, seorang putra yang tampan dan seorang putri yang cantik. Seorang yang menyebutkan nama – nama dari 6.200.000 Buddha atau jumlah yang banyak laksana pasir sungai Gangga, sama nilainya dengan orang lain yang hanya mengucapkan nama "Kwan Im" sekali saja.

Dewi Kwan Im dapat muncul dalam wujud Buddha, Pangeran, Pendeta, pelajar dan lain – lainnya. Dapat pergi ke negeri mana saja, mengkotbahkan ajaran suci ke segala penjuru. [Renata Koh / Jakarta]

***
HEMAT IMPORT KARGO !!!
Kami melayani import borongan FCL & LCL dari Guangzhou, China ketujuan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi. Kontak "transwaycargo.com" Telp: 021-2626 4750 Fax: 021-2626 4860 Hp: 0812-9855 8800, 0856-755 0123, 0819-0880 2000 Email: pttci@yahoo.co.id
.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA