BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 31 Mei 2011

TATA CARA DUDUK YANG BAIK SESUAI TRADISI TIONGKOK

Orang Cina kuno sangat menekankan bagaimana cara duduk dengan baik, karena merupakan bagian yang penting dari sikap yang baik. Ada tiga postur utama sebelum kursi yang umum digunakan. Posisi Fu sedang duduk bersila sama dengan posisi lotus dalam Buddhisme, juga disebut Jiafu. Dalam posisi kedua kakinya memperpanjang Qiju lurus ke depan di depan tubuh seperti sebuah pengki. Postur Ji membutuhkan duduk di lutut seseorang dengan bokong beristirahat di kaki seseorang yang lebih rendah dari kaki.

Ketika tidak ada tamu hadir, orang bisa duduk santai di posisi Fu dan Qiju, tetapi jika sedang berbicara dengan orang yang dihormati lebih tua, berbicara dengan teman, berbicara tentang isu-isu penting, makan di pesta makan malam atau jamuan makan atau mengobati tamu, maka harus menggunakan postur Ji..
Banyak catatan dalam ajaran Cina kuno yang menyebutkan posisi duduk.

Dalam Dinasti Xihan (207 SM sampai 25 M), kedua bangsawan Song Jia Yi Zhong mendengarkan seorang pendeta yang sedang menjelaskan ceramahnya. Dia seorang yang berpandangan sangat luas yang berbicara tentang hal-hal yang sangat rasional dan meyakinkan sehingga membuat kedua bangsawan langsung merasakan rasa hormat. Mereka langsung meluruskan pakaian mereka dan duduk dengan tegak untuk menghormati pendeta itu.

Dalam sejarah Cina, kaisar dan pembantunya semua sangat berhati-hati untuk memperhatikan kebajikan dan sopan santun. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari mereka harus disiplin kata-kata sendiri dan tindakan mereka. Mr Tao Kan, seorang punggawa yang terkenal selama Dinasti Dongjin (317-420), mengikuti prinsip "Bahkan ketika waktu senggang, masih duduk lurus." Mr Sima Guang (1019-1086) selama Dinasti Song (960-1279) selalu duduk tegak dengan ketinggian serius dalam rutinitas sehari-hari. Begitu juga dengan Kaisar Kangxi besar (1654-1722) di masa Dinasti Qing (1636-1912) selalu bersikap duduk lurus saat mengelola negara mau pun saat bertempur di medan perang. Dia sangat besar dan ia selalu duduk di atas takhta naga sangat lurus untuk menatap makhluk hidup. Dia telah dibudidayakan gaya ketat untuk waktu yang lama. Dia teringat masa kecilnya dengan mengatakan, "Makan, bergerak, dan berbicara semua diatur. Meskipun saya selalu tinggal sendirian, aku masih berani untuk tidak berlebihan."

Setelah ia menjadi Kaisar, ia selalu duduk tegak dalam diskusi dengan istana, ketika belajar di studi istana, dan bahkan saat mengobrol dan tertawa dengan keluarganya. Sikapnya sudah diajarkan sejak usia dini dan ia pun menjalani disiplin diri yang ketat dalam kehidupan sehari-harinya. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Chen Mei Ing - Jakarta

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA