BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 30 Januari 2013

KEUNTUNGAN RUBAH DARI KEKUATAN HARIMAU

Zhao Xixu adalah seorang jenderal yang berpangkat tinggi di Negara Chu selama waktu Negara Perang di Cina kuno. 

Raja Negara Chu, Chu Xuanwang bertanya pada para pejabat di istana kekaisaran, "Saya mendengar bahwa semua bangsawan dari Utara sangat takut Zhao Xixu.

Apakah itu benar?" Tidak ada yang menjawab pertanyaan kecuali Jiang Yi. Jiang Yi mengatakan, "Harimau suka menangkap semua jenis hewan untuk mengisi perutnya. Suatu kali, ia menangkap rubah.. Rubah berkata, 'Anda tidak berani makan saya.

Kaisar dari Surga menunjuk saya raja binatang. Jika Anda makan saya, maka kau akan mematuhi perintahnya Jika Anda tidak percaya padaku, Anda dapat mengikuti saya dan cari tahu sendiri.."  

Harimau percaya dengan apa yang dikatakan sang rubah dan mengikutinya berjalan di sekitar hutan. Semua binatang begitu ketakutan dan lari dengan cepat saat melihat harimau. Harimau tidak tahu bahwa binatang itu takut kepadanya dan berpikir binatang bahwa mereka takut dengan rubah."
 
"Sekarang Yang Mulia memiliki lima ribu mil persegi wilayah dan 100.000 tentara, tapi Anda memberikan Zhao Xixu kekuatan untuk memimpin tentara. Oleh karena itu, kaum bangsawan dari Utara takut pada Zhao Xixu, tapi bukan pada angkatan bersenjata Anda. Sama seperti binatang takut dari harimau !"
 
Ini adalah sebuah kisah yang dinyatakan dalam Zhan Guo Ce (intrik Negara Berperang). Ada pepatah yang mengatakan bahwa keuntungan rubah dari kekuatan harimau berevolusi dari cerita ini. Ini adalah analogi yang mengacu pada orang-orang yang suka menggertak atau menekan orang lain ketika mereka berhubungan dengan seseorang dalam posisi yang kuat. [Ernawati H / Medan] Sumber: Kebajikan

Teks Iklan !

Pasang iklan baris usaha anda dibagian bawah artikel ini, dengan cara kontak email Tionghoanews

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA