BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 15 Februari 2011

PIPA, INSTRUMEN SURGAWI

Apabila Anda bisa membayangkan sebuah dunia yang lebih tinggi, tempat di mana dewi-dewi surga hidup dengan bebas... mungkin Anda akan menemukan asal-usul Pipa (baca: biba), atau kecapi China.

Pipa diyakini menjadi instrumen yang digunakan oleh kehidupan surgawi untuk menunjukkan kejernihan dan kemurnian surga kepada manusia.

Pemikiran tradisional China mengenai "budaya yang terinspirasi surga" menyatakan bahwa peradaban China yang kaya ini diturunkan dari atas. Aksara Mandarin, obat-obatan, pertanian, sutra, dan alat musik semuanya dianggap merupakan inspirasi dari dewa-dewa berbeda.

Struktur fisik dari Pipa itu sendiri dikatakan memiliki hubungan Langit - Bumi, serta kemampuan untuk membawa pendengar ke alam yang lebih tinggi.

Buku Fengsu Tong dari Dinasti Han Timur yang menyatakan, "Pipa panjangnya tiga kaki lima inci, mewakili prinsip-prinsip langit, bumi, dan manusia, beserta lima unsurnya, sedangkan empat senar mewakili empat musim."

Nama Pipa sebenarnya mengandung dua karakter China, Pi (琵) dan Pa (琶). Keduanya merupakan teknik cara memetik China kuno. Pi adalah istilah untuk tangan kanan memainkan senar ke depan, dan Pa adalah memetik mundur. Sehingga istilah Pipa sering digunakan di China untuk menggambarkan berbagai teknik bermain senar.

Sebuah Pipa tunggal yang diposisikan di tengah pertunjukan Orkestra Shen Yun Performing Arts bagaikan sebuah gandar, menghubungkan dunia surgawi dan tarian tradisional di atas panggung dengan "bumi, langit, dan manusia."

Instrumen Pipa yang dimainkan pada pertunjukan Shen Yun, suaranya dapat membawa kita pada keindahan alam magis kuno.

Disalin oleh: Chen Mei Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA