BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 04 April 2012

HATI-HATI TERHADAP PUJIAN !

Kaisar Tang Taizong dari Dinasti Tang, melewati sebuah pohon dan menikmati kerindangan pohon tersebut. Bawahannya, Yuwenshiji berdiri didekatnya dan berusaha menyanjung-nyanjung kehebatan kaisar. Tang Taizong menegur penyanjung tersebut dan berkata, "Wei Zheng mengajarkan saya untuk menjaga jarak dengan orang yang suka mencari muka. Meskipun saya berasumsi kamu bukanlah salah satu dari orang tersebut, namun saya masih belum yakin sampai sekarang." Yuwenshiji menyadari kesalahannya lalu meminta maaf.

Konfusius berkata, "Saya beranggapan mereka yang berkarakter rendah mempunyai lidah tajam adalah melakukan hal buruk bagi negara, namun kita harus menjauhi orang yang gemar menyanjung, orang seperti ini licik dan penjilat, hanya menyenangkan atasannya saja. Perkataannya banyak dibumbui, dia dapat memutarbalikkan fakta, merugikan orang lain yang jujur dan lurus. Oleh karenanya, berhati-hatilah terhadap orang yang gemar menyanjung Anda!"

Kisah Yuwenshiji adalah salah satu contoh yang baik untuk petikan Konfusius tersebut.

Tidaklah sulit untuk membedakan orang berkarakter lemah dari yang lainnya. Seorang yang selalu bicara kebenaran, menyuarakan apa yang didalam pikirannya, adalah orang yang lurus. Sebaliknya mereka yang selalu menjilat, mengambil muka, gemar menyanjung, mudah berkomplot secara rahasia. [Rinni Tjia / Tanjung Pandan]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA