BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 13 Maret 2011

GEMBALA SAPI DAN GADIS TENUN

Dongeng gembala sapi dan gadis Tenun merupakan salah satu dari empat cerita rakyat paling terkenal dari Cina kuno. Ini adalah kisah cinta klasik antara peri dan manusia dan memiliki pengaruh yang luas.

Festival Qixi dikatakan ada hubungannya dengan dongeng. Tentu, hari ketujuh setiap bulan ketujuh dari kalender lunar telah menjadi Hari Valentine China. Kisah gembala sapi dan gadis Tenun adalah kisah cinta antara gembala sapi, seorang manusia, dan Girl Tenun, peri. Mereka jatuh cinta dengan satu sama lain, menikah, dipaksa untuk memisahkan dan diblokir oleh Bima Sakti.

Dari belas kasih bagi mereka, pada hari ketujuh dari bulan ketujuh lunar setiap tahun, kawanan burung gagak terbang untuk membentuk sebuah jembatan dengan tubuh mereka selama Bima Sakti, sehingga gembala sapi dan Girl Tenun untuk saling bertemu.

Cerita ini, sampai batas tertentu, mencerminkan keinginan rakyat China untuk mengejar kebebasan cinta dan perkawinan. Dongeng gembala sapi dan gadis Tenun telah membuat Qixi Festival festival paling romantis tradisional Cina.

puisi tak terhitung banyaknya dalam sejarah China dalam memuji cerita, yang paling terkenal bekerja sebagai puisi kuno dari Dinasti Han Jauh di Langit Apakah bintang gembala sapi, Qixi oleh Du Mu dari Dinasti Tang dan Fairy Di Jembatan Magpie oleh besar ci penulis Qin Guan dari Dinasti Song.

Selain itu, opera tradisional Cina seperti Beijing Opera dan sebagainya Shaanxi telah memainkan opera tentang gembala sapi dan gadis Tenun. Dongeng juga mengandung pengertian orang Tionghoa tentang gambar bintang.

Dalam kisah tersebut, bintang gadis tenun (yang Vega) adalah bintang paling terang di konstelasi Lyra, menghadap bintang gembala sapi (Altair), bintang paling terang di rasi Aquila, di Bima Sakti.

Dongeng Cina gembala sapi dan gadis Tenun dapat dilihat sebagai sebuah cerita menikmati sama pentingnya sebagai mitos Yunani Odyssey, Jason, yang Argonauts dan Golden Fleece dan legenda kuno Eropa dari The Cincin Nibelung dll

Pada hari ketujuh dari bulan ketujuh dari kalender lunar setiap tahun, wanita Cina lazim melihat ke langit malam, mencari Bintang gadis tenun dan Bintang gembala sapi pada kedua sisi dari Bima Sakti dan berharap untuk melihat pertemuan tahunan mereka.

Sementara itu, gadis-gadis di tanah harapan untuk memiliki tangan pandai dan rasa yang baik, seperti gadis Tenun. Mereka juga berdoa untuk pernikahan yang bahagia mereka sendiri.

Jadi, Festival Qixi telah mengakar dalam budaya Cina

Diterjemahkan oleh: Chen Mei Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA