BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 13 Maret 2012

MEMPROMOSIKAN YANG BERBICARA JUJUR TERUS TERANG & SEDIKIT SANJUNGAN

Pada periode Yongle dari Dinasti Ming, di Tiongkok, ada seorang pejabat yang baru di angkat ke mimbar kekaisaran. Namanya Gao Wenya. Suatu hari, tanpa mengetahui protokol resmi kekaisaran, ia berbicara terus terang tentang Kaisar  Jianwen dan menggunakan kata-kata terlarang tanpa menahan diri. Ketika pengawas kekaisaran Chen Ying, mendengar apa yang Gao Wenya katakan, ia meminta pertemuan dengan Kaisar untuk menentukan hukuman bagi Gao Wenya.

Setelah mendengar apa yang Chen Ying katakan, Kaisar Zhu Li menjawab, "Karena Gao Wenya seorang pejabat baru pada jabatannya, tindakannya dapat dimaafkan. Komentarnya layak mendapat perhatian kita. Kita tidak seharusnya mengabaikan apa yang dia ucapkan hanya karena dia mengucapkannya secara terus terang dan tidak sopan."

Kaisar kemudian memerintahkan untuk memanggil Zhen Ci, menteri Urusan Personalia Pejabat dan berkata kepadanya, "Kita akan mendengar lebih banyak saran yang jujur dan lebih sedikit sanjungan, jika kita berhenti menghukum semua orang yang terus terang."

"Sejak zaman kuno, Kaisar yang berpandangan luas selalu diperhatikan dan diindahkan. Saya yakin Anda mengerti maksud saya dalam menceritakan hal ini. Sejak sekarang, kapan pun politik dibahas, kita harus melihat apa manfaat yang bisa kita dapatkan dari komentar semacam itu. Opini seseorang adalah sangat berharga dan kita tidak seharusnya menghukum mereka yang berbicara hanya karena mereka menggunakan kata-kata terlarang. Chen Ying berniat jahat dan tidak dapat membantuku dalam memutuskan kebijakan yang lebih baik, Anda harus berhati-hati terhadapnya. Gao Wenya berhati tulus dan terus terang, dan kejujurannya pantas dipuji, silahkan bagian kementerian menilainya dan mempromosikannya." [Margareth Lim / Tarakan]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA